Monkey Big Smiley GLAD YOU CAME!: Golden Money Changer (GMC) Bandung

Translate Here :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 16 Februari 2015

Golden Money Changer (GMC) Bandung

Sesuai dengan judulnya, post ini bakalan mereview tentang tempat penukaran uang (Money Changer). Di Bandung sendiri, banyak money changer di daerah Jl. Otista&Jl. Dago.
Akhir bulan ini gue berencana pergi ke Malaysia buat pertukaran pelajar selama 2 minggu (doang) #Ceilaaaaa. Ini pengalaman pertama pergi ke luar negeri, sekalinya ke luar langsung ngewakilin nama kampus xoxo. Otomatis dong disana gue harus punya uang dalam bentuk MYR (Malaysia Ringgit), karena waktu keberangkatan semakin mepet, kemarin gue sempetin pergi ke Golden Money Changer (GMC). Di sisa postingan ini gue bakal nyebut Golden Money Changer sebagai GMC ya, males ngetik, panjang. Hehehehe.

ID-nya KTP, tapi waktu balik dari Malay kan duit sisa, waktu gue tukerin ke IDR sm Mbak-nya diminta Paspor dan KTP. Dibawah jempol gue itu ada ttd ya.

Kenapa GMC? Karena menurut saran dari temen&keluarga gue yang udah pernah ke luar negeri, GMC ini tempat yang paling murah dibanding money changer lainnya. GMC ini di Bandung ada 2 tempat, GMC Otista dengan lampu-lampunya yang meriyaaaaah banget. Kalau lewat bangunan ini di malam hari keliatan jelas banget deh, soalnya eye catching banget! Serta satu lagi GMC Dago buat yang satu ini bangunannya kaku, lebih mirip bangunan kantor jaman dulu, tempatnya di sebelah Kartika Sari. Kemarin pilihan gue jatuh di GMC Dago karena tempatnya yang lebih dekat sama kampus (fyi kampus gue di Jl. P.H Mustofa).

Gue datang ke sana jam 8.45, 15 menit setelah buka. Oh iya jam operasionalnya bisa diliat di website resmi GMC ya. Walaupun baru 15 menit, tempatnya udah lumayan penuh. Gue sebelum kesana baca review juga karena pertama kali, takutnya kaya orang katro yang kebengong-bengong. Di salah satu blog disebutkan harus mengambil nomor antrian, lalu mengisi formulir. Tapi kemarin waktu gue masuk, Pak Satpam nanya "Mba maaf, nukernya dibawah Rp. 10.000.000 (10juta) atau diatas Rp. 10.000.000?" jawab jujur ya, karena kalau dibawah 10juta, bisa langsung masuk antrian khusus dan gak perlu ngambil nomor antrian.Barang yang harus dibawa hanya Uang yang akan ditukar dan KTP/SIM. Karena gue nuker dibawah 10juta, jadi gue review penukaran dibawah 10juta ya.

Setelah antri nanti kita dihadapkan ke Mbak-Mbak (mungkin sejenis Teller-nya) disitu bakalan ditanya-tanya, kira-kira gini isi convo antara gue dan mbak-mbaknya:
Mbak: Ada yang bisa dibantu? Mau nuker ke mata uang mana?
Gue: Mau ke Ringgit Malaysia, Mbak.
Mbak: Oh ya, Malaysia Ringgit (MYR) Rate-nya Rp. 3.550. Mau nuker berapa? (per tanggal 16-02-2015 pukul 08:58:29)
Gue: Rp. 2.200.000, Mbak.
Mbak: *dia ngeluarin Calc terus ngitung* Nih mba jadinya RM619 ya *sambil liatin hasil itungan dia*
Gue: *Ngangguk-ngangguk padahal gak ngerti, orang hasil itungannya koma) Oh ya mba ya. *Gue kasiin duitnya*
Mbak: *Ngitungin duit* Oke mba, jadinya RM619 ya dan ada kembalian Rp. 2500.

Terus dia minta KTP/SIM, masukin data diri gue ke komputer terakhir dia nanyain nomer tlp. Setelah bukti tercetak, dia minta tanda tangan (harus sesuai dengan yang ada di KTP ya). Udah gitu selesai deh kita harus nunggu lagi, duduk aja santai. Gak sampe 5 menit, kita dipanggil lagi buat ngambil hasil penukaran serta uang kembalian. Nanti juga dikasih amplop kok buat bawa uang hasilnya, jadi gak usah repot-repot bawa amplop sendiri ya:-)
Di convo tadi ada tulisan yang gue italic, maksud gue nyantumin tanggal dan jam adalah karena Rate nya itu berubah setiap saat. Gue juga gak tau itungannya per jam atau per menit, temen gue yang antri setengah jam kemudian dengan jumlah uang yang sama malah dapet Ringgit lebih banyak dan banyak kembaliannya. Huhuhu.
Segini aja review gue, semoga mencerahkan dan setelah baca ini jadi gak bingung lagi ya. Bhaaaay

UPDATE!!
Ternyata yang eyecacthing itu bukan banguanan GMC, tapi anotha money changer. Tempatnya yang di Otista pun sama kaya yang di Dago, kaku.

1 komentar:

  1. Sekarang ada lagi Money Changer di Bandung namanya SMARTDEAL Money Changer baru buka sejak Mei 2016 di Jl. Jendral Sudirman no. 94, dekat dengan Hotel Perdana Wisata persis didepan Balcon Sudirman street night & day. Ratenya lebih best dari yg lain, ready stock dan pelayanannya cepat. Memang penjualan dan pembeliannya dikhususkan untuk Pedagang Valuta Asing, dengan harga grosir.

    Berikut Cab dari SMARTDEAL

    *Opening on 16 May 2016*

    PT. Solusi Mega Artha
    Authorized Money Changer
    *BANDUNG*
    Jl. Jend Sudirman no. 94
    Telpon :
    022 - 2052 1900
    022 - 2052 1019
    022 - 2051 0450
    022 - 2052 3597
    0856.200.8.200
    0812.2325.4565 ( WA )

    *_Opening soon on May 2016_*
    Surabaya
    HR. Muhammad Rukan Golden Palace

    Medan
    Jl. Ir H Juanda, Sukaraja Medan Maimun

    *Existing Branch in Jakarta*

    Cideng Timur - Jakarta Pusat
    021 - 630 5210

    Jl. Wahid Hasyim - Jakarta Pusat
    021 - 391 8229

    Ruko Dutamas ITC Fatmawati - Jaksel
    021 - 723 7330

    Kelapa Gading - Jakarta Utara
    021 - 2452 1234

    Ruko Financial Center - Gading Serpong Tangerang
    021 - 54 211 211

    We give you
    *FAIR PRICE*
    *READY STOCK*
    *FAST TRANSACTION*

    www.smartdeal.co.id

    BalasHapus