Monkey Big Smiley GLAD YOU CAME!: SIM CARD MALAYSIA Review

Translate Here :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 23 Februari 2015

SIM CARD MALAYSIA Review

Selamat malam dari Malaysia!
Seneng banget rasanya gue bisa ke luar negeri utk pertama kali, dan langsung wakilin kampus dalam program Student Exchange. Sebenernya post ini merupakan salah satu dari "what to do" yang gue cantumin dalam proposal pengajuan student exchange ini. So start from today til' this program end, gue bakal posting seluruh kegiatan yang dilakukan. Karena gue baru dapet nomer, gue rangkum pengalaman gue kemarin sampe hari ini ya!
Actually gue nyampe Malaysia itu kemarin, tanggal 22 Februari 2015 pkl 15.00 waktu Malaysia. Tenggat waktu antara Malaysia sama Bandung itu cuman 1 jam kok. Berangkat dari Soekarno Hatta Airport pkl 11.40 WIB, delay sekitar 20 menit untum pesawat Lion Air, perjalanan Jakarta-Kuala Lumpur makan waktu 2 jam. Perjalanan yang kurang menyenangkan karena bener-bener kaya naik bis.
Waktu landing gue takjub bangeeeet, Kuala Lumpur Airport is so damn great! Sayangnya waktu keluar dari pesawat, udara panasnya nyengat banget! Notice dari gue carilah baju yang tipis dan bahannya dr cotton, for ur confident. Karena disini panasnya ngalahin Jakarta. Masuk ke dalam airport itu serius ya keren banget, jauh deh dari Soekarno Hatta.

SIM CARD MALAYSIA.

Tenang para fakir wifi, disini ada free wifi. Just remember this! Jangan coba pake provider Indonesia ya, walaupun batas Jakarta-Malaysia cuman 2 jam, Malaysia itu tetep luar negeri. Rata-rata tarif roamingnya itu Rp. 75.000/hari. Jadi sesampainya di airport u should find Seven Eleven or another mini mart for buy a new sim card. Harga provider disini mahal, providernya doang RM8-RM10 (RM1= Rp. 3550).
 
Loh kenapa harus nyari mini mart? Karena harga sim card di Airport itu harga turis, I swear that price really nyekeeeek my wallet. Di airport ada 2 store yaitu Digi (dengan aksen warna kuning yang kuat, mirip Indosat) dan Hotlink (merah semuaaa, mirip Telkomsel, Hotlink ini part of Maxis. Provider Malaysia juga). Untuk paket internet, bcs call&text is not necessary anymore, Hotlink menawarkan RM40 utk 4gb. Sedangkan Digi RM26/week or RM41/2 weeks, gue lupa dapet apa aja soalnya keburu kaget denger harganya *buru-buru keluar store*.

Akhirnya gak jadi beli dan langsung naik bis menuju Kolej Universiti Islam Antarabangsa Selangor (tempat program ini berlangsung). Perjalanan gak nyampe 30 menit karena jalanan kosooooong melompong. Begitu nyampe gue langsung menuju dorm, para panitia yang menjemput di airport *terharu ada yang mau jemput* nyaranin untuk pake UMobile klik disini. Karena udah masuk komplek kampus, cek disini buat review tempatnya, gue gak bisa langsung cari minimart karena lumayan jauh kalau jalan. Malamnya sekitar pkl 9 kita semua berangkat naik elf milik KUIS ke 99SpeedMarket, that place look like Indomaret or Alfamart in Indonesia. Disitu ditawarin UMobile, internet package price is RM20 utk paket unlimited 500Mb/month. Kalau 500Mb-nya udah abis, paket bisa jalan tapi kecepatan turun.
Simcard-nya hilang, gaes. Tinggal sisa ininya aja
Voucher Pulsa/Top-Up

Still expensive! Karena itu belum termasuk simcard-nya, only for internet package. Simcardnya sendiri RM10 sudah termasuk pulsa RM5. Total RM30 for 500Mb, dan inget membeli simcard di Malaysia tak semudah membeli simcard di Indonesia, tinggal bayar bisa pake seenaknya. Disini utk setiap pembelian simcard harus menggunakan IC (Identify Card. ktp-nya Malaysia), gue dapet pinjeman IC dari anak KUIS. Kalau gak ada IC all u got is tourist price, jadi more more more moreeee expensive than RM30.
Be a smart buyer ya jgn tergoda pengen cepet-cepet update, sabar aja dulu cari minimart lain dan jangan beli di Airport. Except u have a lot of money or u really need new simcard for some reason. Kl gak penting-penting amat mending irit deh! Inget RM1 itu bukan Rp. 1000 tapi ±Rp. 3500.

25 komentar:

  1. Selamat yaa Wid hheheh :))
    Jaga kesehatan sama banyak berdo'a, biar bisa jalan2 lagi hheheh :D

    BalasHapus
  2. hi hi..berarti kalau ga punya ID malaysia ya udah beli di bandara aja kan? toh sama harga turis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga sih hahahaha cuma kalau ke Malaysia buat ngunjungin orang/ada temen disana kan lebih irit juga:))

      Btw thanks udah mampir!

      Hapus
  3. simcard disana udah mikro/nano apa harus motong dulu ya? hehe

    BalasHapus
  4. simcard disana udah mikro/nano apa harus motong dulu ya? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo sorry for late reply ya!

      Kasirnya nawarin kok mau dipotong/engga. Jadi gak usah motong sendiri. Hehehe

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Sy udah sering bolak balik jogja KL. Pake digi terus deeh, RM 26 dilayani sma mbak2 nya yg sering bgt jumpa pas di klia2. Terpaksa beli buat browsing2 di malaysia. Bln dpn i nak ke penang..korang nak ikut ke??? Salam kenal mb..heheh

    BalasHapus
  7. Sy udah sering bolak balik jogja KL. Pake digi terus deeh, RM 26 dilayani sma mbak2 nya yg sering bgt jumpa pas di klia2. Terpaksa beli buat browsing2 di malaysia. Bln dpn i nak ke penang..korang nak ikut ke??? Salam kenal mb..heheh

    BalasHapus
  8. misi kak mau nanya,kalau beli SIM CARD di Malaysia perlu pake paspor/ktp semacamnya gak?
    Soal nya pas beli di Singapore pake repot .Mohon dijawab terima kasih :D

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. selamat sorey dari Malaysia Kuala Lumpur hehe. Aku lagi kerja disini guys.
    Aku pengen ketemu kakek aku tapi. kakek aku di Jakarta. Gue pengen video call tapi ongkosnya mahal bangat. Kamu punya idea ngak ?

    BalasHapus
  11. hai sorey , emamngnya whatsapp aja bisa?Viber jugak bisa donk.
    Gue pakey ini xpax ni calling video through viber murah aja kok Rm15 aja :)

    BalasHapus
  12. hai sorey , emamngnya whatsapp aja bisa?Viber jugak bisa donk.
    Gue pakey ini xpax ni calling video through viber murah aja kok Rm15 aja :)

    BalasHapus
  13. Eh kamu juga ya pakey xpax ini?hehe kita geng donk.
    After kita sign up xpax lor akan dapat IDD calls 50mins free ke indo

    BalasHapus
  14. Oh iya kah tu?
    waah gue kangen skali sama nyokap gue ni. Ngak sabar donk.
    Emang bener ya ?
    lor oakeynya ini juga ya?
    viber yuk hihi

    BalasHapus
  15. kalian add jugak viber gue ya guys.
    Kita berada di negara org kita harus ambil xpax aja donk. Mudah juga tu buat video call ke kampung kita . Gratis donk RM15

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Ohh kalau ebgitu gue harus kasi tahu teman-teman aku di kantor oakey aja xapax ini ya ngak sih?
    tapi lor yakin line nya kuat???

    BalasHapus
  18. kalian ahhh bikin gue excited ni mau pakey xpax ini .Rm15 free unlimited call video aduhh pengen cepat ah ! Tapi ini hanya buat whatsapp, Viber, Imo & we chat ya kan??

    BalasHapus
  19. Ohh iyaa iya ini hanya buat mereka pada pakey 4 aplikasi shaja doang. Gue pakey viber hehe.
    Gue ngak tipu lor ya karna gue jugak pakey nya yg ini. Karna free unlimited call video call ke indo.

    BalasHapus
  20. Keren ngak sih?
    ya kayak gue donk . Mana punya gartis lagi kalo ngak ini aja doang .
    Xpax ini hanya butuh utk 4 aplikasi yang lor punya . Ke indo gratis rm15 doang !
    cepatan langgan nya kita bisa call video nyokap entar mereka kangen bangat ama lor.

    BalasHapus
  21. Masak sih ngak keren , ini keren banget .
    kalau begini unlimited call video to indo & gratis Rm15 ke indo bisa tiap hari ni gue calling video . Udah ngak ribut ribut lagi pikir di mana gue harus carikin. ya ngak sih? :)

    BalasHapus
  22. keren ngak sih?? udanh dibilang donk ! Ini gue sih yang keren aja di bilang :D

    BalasHapus
  23. Lor keren karna lor pakey nya xpax ya kan? hahah .
    Gue jugak keren kayak lor aja doang . free unlimited video call to indo shapa aja pada tolak ya ngak sih?

    BalasHapus