Monkey Big Smiley GLAD YOU CAME!: Student Exchange STIE Ekuitas Bandung - Frequently Asked Question(s)

Translate Here :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 28 Agustus 2015

Student Exchange STIE Ekuitas Bandung - Frequently Asked Question(s)

Emang agak out of date juga sebenernya. Tapi masih banyak yang nanya ke gue kalau papasan, atau lebih niat… Personal chat gue. Padahal gak lama setelah balik ke Bandung, diadain sesi tanya jawab di aula, yang datang banyak! Soalnya ada snack gratis. Tapi yang pada nanya ulang ini kayanya lagi jadi mahasiswa/i teladan di kelasnya:""'')
 
Ekuitas Student Exchange Committee 

Baiklah mari kita mulai!

Q: Kok bisa ikutan?
A: Dari pertanyaan ini gue bisa ngeliat satu hal yang jelas banget… Bukan, bukan distribusi informasi dari himpunan gak nyampe ke mahasiswa. Tapi betapa banyak yang under estimate samague! HA HA. Gue bisa karena gue tau, sedangkan banyak orang lain yang gak tau; dan lebih banyak yang under estimate sama diri sendiri. Padahal dari pertama gue tau, gue sering koar-koar ngajakin orang lain ikut. Eh pada "Gak ah aku kan…" dan pada cuek bebek.


Q: Tau infonya darimana?
A: Gue sendiri tau info student exchange ini dari Bu Minda, dosen aksyar, dan waktu itu masih menyandang status sebagai Wakil Ketua Prodi S1 Akuntansi. Buat angkatan dibawah 2014 mungkin agak jarang atau malah gak tau? Rumor yang beredar sih Bu Minda resign, cmiiw. Bu Minda ngasih info ini di kelas lengkap dengan prasyarat&syaratnya. Bedanya sama gue, beberapa temen yang ikut pergi tau dari Himpunan Mahasiswa Prodi-nya. Karena kebanyakan mereka anak himpunan juga:|

Q: Apa aja sih emang pra syarat dan syaratnya? 
A: Buat pra syarat&syarat student exchange lainnya yang bakal ada kayanya beda, soalnya program yang ang gue ikutin itu pioneer (ceritanya). Pra syarat dan syarat waktu gue ikut:

PRA SYARAT
SYARAT
IPK >3,75
Membuat proposal jual diri.
Bisa berbahasa Inggris minimal Pasif

Mampu secara finansial dan mampu menyediakan uang sebesar Rp. 3.000.000

Memiliki Paspor


Buat prasyarat, poin 1&2 is a must! Untuk poin 3&4 itu everyone can do it bruh. Bcs when I applied aja gue gak punya uang segitu (menurut gue banyak!)  itu, paspor apalagi. Kenapa gue bilang everyone bisa? Gini loh, pengumuman program ini jauh banget waktunya dari waktu keberangkatan, ±3 bulan. Jadi kalau lo gak punya duit, ya ngumpulin dulu selama itu. Inget kesempatan gak datang 2 kali! Jangan sampai deh nyesel cuma gara-gara mikirin dana.

Tips gue buat paspor, bikinnya nanti aja kalau udah keluar statement keterima atau gak. Jadi kalau gagal gak akan rugi-rugi amat. Bikin paspor sebenetar koook, dun wuri be hepi

Maksud gue di syarat jual diri itu gak secara harfiah, tapi… ya jual diri. HAHAHA. Buat proposal yang bener-bener bikin lo keliatan "bagus" "berharga" dan "worthy" buat diajak program ini. Kasih juga apa sih yang bakal lo lakuin waktu di negara tujuan dan kontribusi yang bakal lo kasih ke kampus.

Udah gitu aja? Gak. Masih ada. Babak. Penentuan. Terakhir. →→→ PRESENTASI.

Ini masa-masa paling mnegangkan… Pra syarat bisa bahasa inggris minimal pasif itu like a bullshit. Karena suwer gue payah banget dalam hal ini. Presentasi pake bahasa inggris sebenernya gak serem-serem amat, yang bikin serem karena presentasi di ruangan meeting sendirian. Penontonnya sekaligus juri. Seluruh Kaprodi, which means ada 4 Kaprodi plus beberapa wakilnya plus Wakil Ketua II  STIE Ekuitas.

Q: Buat apa bayar Rp. 3.000.000?  Jadi habis berapa ikutan program ini?
A: Sebenernya 3juta itu lebay banget buat waktu 2 minggu. Apalagi selama disana gue tinggal di Asrama dan dikasih makan 3 hari sekali. Program ini tuh TOTALLY FREE tanpa pungutan secuil pun, duit yang diminta ada itu pun sebenernya buat sehari-hari kita aja, uang jaga-jaga. Malahan dikasih uang saku sama pihak Ekuitas tapi gue lupa berapa tepatnya yang pasti lumayan gede juga.




Oh ya yang gue abisin tepatnya sih Rp. 1.458.700 itu udah termasuk uang buat oleh-oleh juga loh! Gue keitung boros karena disana emang gak ada yang murah huhuhu. Buat yang dalam kurung, itu duit buat bikin paspor hahahaha (Rp. 355.000 buat bikin paspor &Rp.5000 buat administrasi di BNI). Selain itu gue juga waktu di Malaysia 

Q: Terus disana ngapain aja? Berapa lama diem disana? Jangan-jangan malah liburan lagi
A: Eat Sleep Walk. Repeat. Eat Sleep Walk. Repeat.
Engga itu boong. Banyak kok kegiatannya, yang utama ya perkenalan sama kampus yang gue datangin ya, Kolej Universiti Islam Antarabangsa Selangor. Baik dari segi bangunan, materi kuliah, cara belajar dan banyak lagi. Terus kenapa itu Walk? Iyalah dari dorm ke kampus jaraknya lumayan juga soalnya. Hhhhhhhh.

Yhaaa 2 minggu aja cukup kok! Gak lama-lama. Gue sih emang nganggepnya liburan, bawa asik aja lagi. Banyak kelas asik disini, terus dosennya baik-baik dan cantik-cantik jadi gue adem. Hahahaha. Selama weekend emang jalan kok, ke MidValley naik train di Bangi Station„ Central Market, Stasion TV, terus ke KLCC juga. Ituloh twin tower. Yang inihhh ↓↓


Q: Tujuan program ini apa sih?
A: Jangan nanya ke gue. Tanya ke bagian Kerjasama. Kantornya Bu Erlynda. Gue sebenernya bisa jawab cuma gue takut salah jawab atau salah kata. Buat jelasnya plis datangin kantor BuEr. HE HE HE HEEEE.

Kira-kira gitu deh kebanyakan tanya-jawab yang terjadi. Nah gue juga ada tips buat yang mau ikutan program ini kedepannya:

1. Dont Under Estimate Yourself

Ini gue taro paling atas, pun karena gue banget. Gue takut awalnya karena modal gue cuma IPK dan bahasa inggris yang, yah masih rendah banget. Tapi sahabat-sahabat gue lah yang jadi triggernya; Ica Ajeng Laras Laila. Thanks! Disitu gue di semangatin dan akhirnya gue mau. Waktu proses presentasi aja gue udah pasrah mau diterima atau engga, tapi lagi dan lagi sahabat gue ngasih wejangan-wejangan yang bikin gue tenang; Ijal dan Uwik.
Kalau kata dosen gue "Kita pasti bisa!" kalau gak bisa? → "Kita pasti bisa belajar!" Karena segala sesuatunya itu pasti bisa dilakuin kalau ada kemauan&usaha.
2. Jangan malu buat cerewet ke Himpunan Mahasiswa (HIMA)

Karena HIMA dibentuk untuk menjadi jembatan antara mahasiswa/i dengan pihak kampus. Hampir semua info bisa lo dapetin dari HIMA kok; beasiswa, jadwal perwalian, program khusus, dll. Jangan kambing-hitamkan HIMA kalau ada info tentang prodi yang gak lo dapet. Persentase pengurus HIMA itu kecil dari jumlah mahasiswa/i yang ada, jadi kalau lo mau dapet info ya harus mau cape cerewet nanya-nanya.

3. Sering-sering datang ke Ruang Kerjasama dan Kemahasiswaan

Lakukan ini bila:
a. Poin 2 terlampau sulit buat lo
b. Lo bukan tipe-tipe yang mau basa basi buat nanya-nanya
c. Informasi yg disampaikan HIMA kurang jelas, lengkap, dan akurat.

4. Ikuti kelas Internasional di STIE Ekuitas

Kelas ini dibuka bukan buat orang yang udah jago, tapi buat orang yang mau belajar dan mendalami Bahasa Inggris. Buat masuk kelas ini kalian harus regis dulu karena ada limited seat.

5. Banyak berdoa

……………………dan dekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa. Lakukan ini selamanya, jangan waktu ada program ginian aja rajin, bagian beres lupa deh.


Udah dehhh. Semoga bermanfaat buat yang mau ikut program ini, tar gue update kalau ada yang nanya lagi. Bhaaaay!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar